Informasi Seputar Komputer dan ICT

10 Desember 2019

TUTORIAL MENGGANTI LOGO WORDPRESS LOGIN ADMIN AREA

Tutorial Mengganti Logo WordPress Login Admin Area – Pada halaman login dan pendaftaran WordPress Anda akan melihat sebuah logo bawaan dari WordPress yaitu logo mereka sendiri tepat diatas kolom untuk memasukkan username dan password. Jika Anda ingin mengganti logo tersebut dengan logo milik Anda sendiri atau dengan avatar Anda, maka Anda tidak akan menemukan pengaturan yang bisa Anda temukan dibagian admin WordPress. Untuk merubahnya Anda bisa menggunakan bantuan plugin dan juga menambahkan sedikit kustomisasi script di file functions.php tema WordPress Anda.
Mengganti logo WordPress di area login dengan logo terbaik milik Anda sendiri tentu akan menjadikan situs Anda lebih terlihat berbeda daripada dengan situs-situs lain yang juga dibangun dengan WordPress, selain itu jika website Anda memiliki banyak user yang login, dengan menggunakan logo Anda sendiri maka website akan terlihat lebih profesional dan bermerek sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini.

Pada Tutorial WordPress kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengganti logo default WordPress di login admin area dengan logo milik kita sendiri. Dan pada panduan ini saya akan memberikan dua cara sekaligus yaitu dengan bantuan plugin dan secara manual menambahkan script pada file functions.php.

CARA MENGGANTI LOGO WORDPRESS DI HALAMAN LOGIN

Pada bagian pertama ini saya akan memilih untuk menggunakan plugin karena plugin lebih mudah digunakan bagi pemula dan pada bagian kedua menggunakan script yang tentu saja lebih sederhana dan tidak perlu terlalu banyak menginstall plugin.

1. MENGGUNAKAN PLUGIN CUSTOMIZE ADMIN

Dengan menggunakan plugin Customize Admin ini Anda dapat menyesuaikan tampilan halaman login WordPress dan juga bagian dashboard WordPress. Selain itu Anda dapat meng-upload gambar kustom untuk layar login, menentukan link  pada logo, background login, login kustom, dan masih banyak lagi.
Untuk menggunakannya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah Install plugin Customize Admin dan Aktifkan.
Setelah plugin di aktifkan maka akan muncul menu beru bernama “Customize Admin” yang berada di bagian sub menu Settings. Silahkan klik menu baru tersebut dan Anda akan melihat halaman pengaturan untuk halaman admin dan dashboard. Untuk mengganti logo Cukup klik pada tombol Upload Images pada bagian Custom logo dan silahkan ilih gambar yang Anda inginkan untuk dipasang sebagai logo halaman admin WordPress Anda. Setelah itu jangan lupa untuk klik Save dan silahkan logout dari admin area untuk melihat perubahan yang sudah Anda lakukan.
Admin WordPress Logo

Setelah semuanya selesai silahkan save dan coba masuk ke login area admin Anda dan lihat hasilnya.

Dan sekarang Anda sudah bisa mengganti logo WordPress dengan logo milik Anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. 🙂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar