Tuesday, May 12, 2009
4
Sebuah terobosan dalam dunia web telah diperkenalkan oleh Wolfram Research yang berbassis di Amerika. Adalah WolframAlpha, layanan baru dalam dunia web yang di klaim untuk menjawab pertanyaan query yang beragam. System anyar tersebut diperkenalkan pertama kali di Harvard University , US pada awal Mei ini
Stephen Wolfram (sang pembuat layanan) mengatakan kalau mesin pencari (search engine) buatannya ini berbeda dengan search engine tradisional seperti Google dan Yahoo. Pada Google maupun Yahoo bekerja menemukan apa saja hanya ketika pengguna dengan online. Selanjutnya apabila ditemuan halaman web yang memilki di query, search engine tersebut akan merangkingnya berdasarkan relevansi yang ada.
Nah, apa yang dikerjakan WolframAlpha memang berbeda. Search engine ini tidak mencari dari data melalui web, namun akan mencarinya melalui kumpulan data. Jadi di sini tim peneliti Wolfram sudah membuat database ilmu pengetahuan berdasarkan kumpulan data, mula dari fata dari World Almanac hingga data fisika dan ilmu pengetahuan lainnya. Bagaimana proses pengumpulan datanya ? Sebanyak 100 pegawai Wolfram Research telah mengumpulkan data-data tersebut dan memverivikasinya selama beberapa tahun.
Saat pengguna mengetian pertanyaan ke dalam query, WolframAlpha akan mencoba mencari relevansi dari kata kunci yang diinput. Sebagai contoh apabila pengguna mengetikan "berapa jumlah proton pada atom proton Hydrogen" atau " Berapa liter darah dalam tubuh manusia" maka WolframAlpha akan menjawab sesuai algoritma matematika. Menurut sumber berita yang kami lansir, WolframAlpha telah hadir di bulan Mei ini melalui http://www.wolframalpha.com. Selamat mencoba.

Sumber : Musirawas Ekpres

4 komentar:

  1. patut di coba neh.. info yg menarik...

    ReplyDelete
  2. info menarik banget sob....thanks ni buat nambah2 pengetahuan......

    ReplyDelete
  3. mampir sambil baca2 nii :) sekalian jd follow gag pa-pa khan??!?! maacii :)

    ReplyDelete
  4. Masih berat sob.. Paling-paling tiga thun lagi baru bisa menyaingi raksasa search engine google dan yahoo! Itu juga dengan asumsi google dan Yahoo! ga ada perobahan. Tapi kalo mereka tau info ini dan pastinya udah tau, aku yakin dua raksasa itu pasti berbenah diri. Btw, canggih juga mereka cuma mempekerjakan 100 orang karyawan ya. Sedikit tenaga tapi bisa mengerjakan pekerjaan seabrek gitu. Ok sob, thanks info. sangat bermanfaat buatku. Btw, maap neh panjang bangat komennya. Maklumlah, kebetulan aku tertarik dengan artikel sobat ini. Thanks ya sob :)

    ReplyDelete