Monday, January 12, 2009

Sebenarnya susah-susah gampang ngomong sama ortu. Dibilang susah karena ada jurang perbedaan usia antara kamu dengan ortu. Kadang-kadang sulit lho, ortu yang berbeda zman dengan zaman mu untuk mengerti apa maumu.

Bisa juga dibilang gampang karena bagaimana pun mereka adalah orang-orang yang paling dekat dengan mu danyang pasti menginginkan yang terbaik untukmu. Coba dan fikirkan positif begitu.

Kalau boleh saran sih, sebaiknya kamu menggunakan cara komunikasi yang jitu. Cara klasik ini bisa dibilang paling berhasil lho. Coba deh, teory komunikasi dua arah. Caranya, kamu dengarkan dan pahami dulu apa keinginan ayah dan ibumu.

Lalu setelah itu kamu mencernanya samakan dengan keinginanmu. Kalau jelas berbeda, tak perlu pakai acara naik darah. Dan kalau nggak setuju, jangan Cuma menolak dan bilang, “pokoknya nggak, saya nggak mau titik. Itu salah besar setelah kata nggak, kamu harus menjelaskan apa keberatanmu, maksud dan keinginanmu. Setelah berkomunikasi dua arah, kamu juga butuh toleransi. Coba deh, kamu toleransi pada maksud baik ortu.

0 komentar:

Post a Comment