Tuesday, October 21, 2008

Pernyataan yang pernah dilontarkan Alvin Toffler akan terjadinya pegeseran dari masyarakat industri menjadi masyarakat informasi kini telah menjadi kenyataan. Sebuah komunitas baru di masyarakat yang begitu gentol memburu informasi yang hadir dengan cirri khas tersendiri. Dalam waktu 24 jam sehari, yang sepertinya masih kurang, komunitas ini memburu sekian juta informasi yang setiap saat siap untuk di up-date. Mereka memiliki kesempatan untuk saling berbagi begitu banyak informasi dijagat raya bumi ini melalui jejaringan maya yang dikenal dengan INTERNET.

Fenomena ini begitu besar pengaruhnya hingga kemudian hari muncul sebuah paradigma baru bernama New Economy. Dalam arti yang sederhana, ekonomi baru adalah sebuah istilah yang merefleksikan berbagai macam aktivitas dengan basis internet. Dengan term-term e(electronic)-things-nya, ekonomi baru muncul banyak istilah di masyarakat seperti e-commerce, e-business, e-banking, dan lain sebagainya.

Don Tapscot, penulis The Digital Economy yang dijuluki Wakil Presiden Amerika, Al Gore, sebagai salah seorang maha guru cyber, mengatakan bahwa perubahan fenomena bisnis yang terjadi pada saat sekarang membawa konsekuensi logis yang mengharuskan berbagai macam akrivitas mau tidak mau bergabung dalam bisnis internet.

Salah satu fenomena yang bisa membuktikan adalah banyaknya para pebisnis yang berlomba-lomba terjun di bisnis berbasis internet dan TI (teknologi informasi) atau meminjam istilah Benoit Marchal-migrating to e-commerce.

Jika anda sering menjelajah internet, anda bisa menjumpai banyak anak muda di negeri ini yang sudah menjalankan bisnis melalui internet. Dengan bermodalkan situs atau bahkan blog gratisan, mereka menjual apa pun yang bisa dijual.

Salah satu yang mendorong suburnya bisnis melalui internet adalah murahnya modal yang diperlukan untuk memiliki sebuah domain. Saat ini anda bisa memiliki Toko di internet dengan sebuah dimaoin dot comyang berharga tidak lebih dari seratus ribu rupiah plus hosting dibawah lima ribu rupiah. Bahkan, script untuk memiliki sebuah toko online juga bisa didapatkan secara gratisan seperti yang bisa di donload dari oscommerce.com.

Bandingkan jika anda mendirikan toko dipinggir jalan atau bahkan gerobak dorong sekalipun, tentu modal yang diperlukan lebih dari setengah juta rupiah.

Terlepas dari adanya kenyataan bahwa ada banyak bisnis online yang gagal bertahan, perkembangan dunia maya yang sedemikian pesat tersbut sempat memunculkan anggapan bahwa ekonomi baru dengan e-commerce-nya bakal menciptakan mesin uang bagi pemiliknya.

Menurut Sawidji Widoatmojo, paling tidak ada 10 bisnis yang akan menjadi mesin uang dimasa yang akan dating yaitu : e-budget, bisnis suara, software, privacy, transmisi data, iklan rumah dan mobil, server, wireless e-mail, internet content, dan solusi. Jika perkiraan itu benar, maka sudah saatnya bagi siapa saja untuk mulai menengok internet sebagai media bisnis atau bahkan pekerjaan.

Hebatnya, bisnis atau pekerjaan melalui internet bisa dilakukan tanpa harus memiliki kantor dan pegawai. Ini artinya, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sebesar bisnis konvensional lain. Cukup dengan computer atau PDA yang connect dengan internet, aktivitas bisnis sudah bisa dilakukan.

Cobalah melakukan browsing, maka anda akan menemukan industri e-book dimana banyak orang dengan modal minimal menjual produk informasi dalam bentuk e-book sebagai contohnya. Mereka menjual produk informasi dengan biaya produksi nyaris nol karena infrmasinya tersebut dijual bukan dalam bentuk prin edition, tetapi berupa file dalam format pdf atau exe.

Inilah The Hidden Money yang sudah saatnya anda juga bisa memperoleh dari internet dengan cara mudah, simple, dan punya potensi untuk terus berkembang karena pengguna internet juga pasti akan semakin banyak.

Ada banyak keinginan dan kebutuhn manusia yang dicari melalui internet. Oleh karena itu, siapa pun yang pandai mengolahnya, maka ia akan memiliki peluang besar untuk menemukan harta karun yang masih terpendam tersebut.

Seperti yang banyak dikatakan banyak orang, uang itu ada dimana-mana, tetapi memang benar sangatlah tidak mudah bagi kita untuk bisa melihat, apalagi mendapatkannya. Namun, bagi seseorang yang sudah memiliki kejelian melihat peluang, ia tidak perlu meminta bantuan orang pintar untuk melihat apa yang tidak terlihat tersebut.

Nah, untuk itu marilah kita melakukan sekarang. Tapi kalau berhasil jangan lupa berbagi dengan orang lain, dan banyak sedekah. Terutama Ilmu yang telah didapatkan, karena ilmu merupakan amal yang sangat mulia, sebab selagi orang menggunakannya kita akan mendapat balasan pahala dari Allah SWT. Amin….

Powered By. Buku Langkah Mudah Meraup Dolar Lewat Internet,

Pengarang Taufik Hidayat

0 komentar:

Post a Comment