Informasi Seputar Komputer dan ICT

14 Desember 2017

Tips Excel Membuat Judul Tabel Berulang di Tiap Halaman

Ketika Anda mencetak tabel Excel yang panjang (sampai beberapa halaman), secara standar, judul tabel atau judul kolom yang dibuat hanya akan tercetak di halaman pertama, sedangkan halaman berikutnya yang tercetak tidak disertai judul tabel atau judul kolom. Sebenarnya, judul kolom sangat penting karena terkait dengan data yang diwakilinya.
Tabel yang tercetak tanpa ada judul kolom akan mengaburkan arti data dan membuat sulit dipahami. Anda akan kesulitan mengetahui maksud data yang terdapat di masing-masing kolom tersebut. Microsoft Excel sebenarnya telah menyediakan fitur Print Titles untuk mengulangi mencetak judul tabel atau judul kolom atau keduanya di setiap halaman secara otomatis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
Buka file Excel, pastikan Anda berada di tab PAGE LAYOUT dan kemudian klik Print Titles.
Dari kotak dialog Page Setup yang muncul, pastikan Anda berada di tab Sheet. Klik tombol Collapse Dialog yang ada di sebelah kanan kotak teks (text box) berlabel Rows to repeat at top untuk menyembunyikan sementara kotak dialog Page Setup dan menampilkan kotak dialog Page Setup - Rows to repeat at top.
Untuk memilih sebuah baris yang terdapat judul kolom yang akan diulang, klik pada baris tersebut. Untuk memilih beberapa baris yang terdapat judul kolom yang akan diulang, klik pada baris pertama, tekan dan geser (click and drag) ke baris berikutnya. Baris yang dipilih akan dikelilingi garis putus-putus.
Kotak dialog Page Setup - Rows to repeat at top akan berisi nilai secara otomatis tergantung dari baris yang dipilih. Klik kembali tombol Collapse Dialog untuk kembali ke kotak dialog Page Setup dan selanjutnya klik tombol OK untuk mengakhiri.
Ini adalah print preview halaman pertama dimana judul tabel dan judul kolom akan tercetak di halaman ini.
Halaman 1

Ini adalah print preview halaman kedua dimana judul kolom yang telah diatur (setting) sebelumnya, akan tercetak di halaman ini dan juga halaman-halaman berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar