Thursday, October 20, 2016


Bagi anda yang bekerja atau pernah membuat layout buku, majalah atau publikasi sejenisnya yang lebih dari dua halaman pasti pernah menemui masalah dalam hal membuat halaman yang harus ‘dikawinkan’ untuk dicetak (proofing). Karena dalam bentuk buku, pencetakan halamannya harus disesuaikan dengan tehnik penjilidan. Sehingga misalnya kita membuat buku dengan jumlah halaman sekitar 230 halaman, maka halaman pertama mestinya akan dicetak berhadapan dengan halaman 230, sedangkan halaman kedua akan dicetak dengan halaman 229, dan seterusnya.
Nah, kalau kita harus mengawinkannya secara manual = mumet banget!
Jadi, berikut ini saya sharing dikit tehnik-tehniknya. Khususnya bagi yang belum tahu tentang hal ini.
Sebagai contoh, layout buku biasanya mempunyai page dimensions 15 cm x 21 cm. Atau kalau mau dicetak (proofing) ke kertas, berarti sekitar setengah dari kertas A4 (210 mm x 297 mm).

Sebelum dicetak ke percetakan, tentunya kita harus melihat hasil layoutnya dalam bentuk buku sebagai proofing. Kalau kita sudah mengawinkan halamannya tentunya kita akan menghemat kertas, dengan tidak mencetak 1 halaman untuk 1 kertas. Dengan kondisi halamannya yang sudah dikawinkan, berarti dalam satu lembar kertas A4 kita dapat mencetak 4 halaman.

Baiklah, berikut langkah-langkah untuk mengawinkan halaman di PageMaker 7.0.
1. Klik menu Utilities, 2. klik Plugs in.Pilih Built Booklet.





3. Kemudian pilih Page1 dan 2up- saddle-stitch untuk mengawinkan dalam satu kertas menjadi 2 halaman.





4. Kemudian klik OK.
5. Pada kotak pernyataaan yang muncul, boleh diklik Yes kalau mau menyimpan terlebih dahulu master publikasinya, atau No kalau mau langsung mengawinkan halamannya.



6. Maka halaman akan tampil sesuai nomor yang harus berhadapan pada pencetakan dengan ukuran yang diinginkan.

0 komentar:

Post a Comment