Thursday, March 10, 2016
Tulisan ini bermula dari pertanyaan teman seprofesi dan juga pertanyaan teman sesama mahasiswa yang ada di perguruan tinggi Swasta di Kota Lubuklinggau.
Jika dicermati memang aneh atau kurang serasi pada saat melihat tulisan yang teksnya dari sebelah kiri tapi garis footnotenya ada di sebelah kanan. Sebaliknya, terlihat aneh atau kurang serasi pada saat melihat tulisan yang teksnya dari sebelah kanan tapi garisfootnotenya ada di sebelah kiri. Hal ini mungkin tidak dipermasalahkan oleh sebagian orang, tapi dari aspek tata cara penulisan karya ilmiah ini harus diperbaiki agar sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain footnote, masih ada beberapa cara lain untuk menuliskan sumber rujukan atau kutipan, yaitu endnote dan innote.
Pengaturan awal posisi garis footnote pada Microsoft Word (2003, 2007, 2010, atau 2013) berada di sebelah kiri. Posisi garis footnote harus diatur ulang agar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Untuk mengatur atau mengubah posisi garis footnote, perhatikan langkah-langkah berikut.
1. Buka dokumen yang akan diatur posisi garis footnotenya
footnote1
2. Posisikan kursor di teks permulaan footnote (nomor 1)
footnote2
3. Klik menu ViewDraft
footnote3
4. Klik menu ReferencesInsert Footnote atau secara bersamaan tekan tombol Ctrl+Alt+F
footnote4
5. Klik Footnotes, lalu pilih Footnote Separator
footnote5
6. Pindahkan posisi garis footnote sesuai dengan posisi yang diinginkan
footnote6
7. Klik menu ViewPint Layout
footnote7
8. Garis footnote sudah selesai diatur. Silahkan hapus nomor urut footnote yang ganda
footnote8
9. Selesai
footnote9
Demikian langkah-langkah mengubah posisi garis footnote di Ms. Word 2007. Mudah-mudahan tulisan yang hanya sedikit ini dapat bermanfaat. Amiin...!

0 komentar:

Post a Comment