Informasi Seputar Komputer dan ICT

3 Desember 2015

Memisahkan Tempat dan Tanggal Lahir Pada Excel

Masih berkaitan dengan PAS (Paket Aplikasi Sekolah). Dalam format import bio data siswa dalam PAS, kolom tempat dan tanggal lahir harus dipisah. Lalau bagaimana bila bio data siswa yang kita punya dalam satu kolom. Tentu bila ingin memisahkan satu per satu maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama, terutama bila jumlah siswanya ratusan. Oleh karena itu kita harus menggunakan rumus agar memisahkan tempat dan tanggal lahir dapat kita lakukan dengan cepat. Bagaimanakah rumusnya? Perhatikan penjelasan berikut ini.
Memisahkan Tempat dan Tanggal Lahir Pada Excel
Perhatikan data tempat dan tanggal lahir berikut ini!
TTL1
1. Pada sel B1 ketiklah perintah =LEFT(A1,FIND(“,”,A1)-1)
2. Pada sel C1 ketiklah perintah =MID(A1,FIND(“,”,A1)+2,20)
3. Copy rumusnya ke bawah
Penjelasan rumus:
Perintah =LEFT(A1,FIND(“,”,A1)-1)) dimaksudkan untuk mengambil karakter dari kiri yang dimulai dari awal dan diakhiri dengan karakter “,” (koma). -1 artinya pengurangan satu karakter, yaitu pengurangan “,” (koma) itu sendiri. Jadi perintah itu adalah mengambilSidoarjo, kemudian dikurangi “,” sehingga diperoleh Sidoarjo.
Perintah =MID(A1,FIND(“,”,A1)+2,20) dimaksudkan untuk mengambil karakter dari tengah yang dimulai dari “,”. Sedangkan +2 dimaksudkan untuk mengurangi 2 karakter dari kiri dan angka 20 dimaksudkan pengambilan maksimal 20 karakter. Jadi perintah itu adalah mengambil, 22 Januari 1990 kemudian dikurangi 2 karakter dari kiri sehingga diperoleh 22 Januari 1990.
Setelah ketiga langkah itu dilakukan maka muncul hasilnya seperti di bawah ini:
TTL2








Silakan dicoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar