Saturday, November 15, 2008
Demokrasi atau lebih tepat demokratisasi sedang melanda dunia saat ini. Runtuhnya tembok Berlin yang memisahkan Jerman Timur dan Jerman Barat, hancurnya rezim komunis di Eropa Timur yang ditutup oleh runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1990 menandakan betapa dahsyatnya gelombang demokrasi terjadi pada penghujung abad XX ini.
Paham demokrasi sebenarnya telah lama dikenal dalam kehidupan bernegara, system politik yang demokratis bukan hanya terdapat di zaman modern ini, tetapi telah lama dikenal dalam kehidupan manusia. Dengan demokrasi di dunia yang semakin tersebar luas berarti perdamaian semakin meluas itu berarti Negara-negara demokrasi cnderung relative bebas dari tindak kekerasan Internasional. Di dalam demokrasi dapat terlaksana pembangunan yang berarti memenuhi kepentingan dan harapan rakyat. Di dalam suasana demokasi hak-hak terhadap mental warga Negara dapat dijaga. Demikian pula di dalam kondisi seperti ini maka dapat terjamin perdamaian dan stabilitas hubungan Internasional.
Indonesia merupakan salah satu Negara yang telah lama mengenal demokrasi sejak merdeka namun, baru dalam konsep kenegaraan belum pada pelaksanaanya. Baru pada tahun 1998 demokrasi di Indonesia mulai dilaksanakan ini dapat dilihat dari hancurnya rezim otokratis yang selama ini ada di Indonesia. Sekarang dapat kita rasakan demokrasi dengan pemilihan umum yang multi partai sehingga diharapkan dapat dibangun pemerintahan yang bersih dan yang diinginkan oleh seluruh rakyatPemilihan umum baru merupakan langkah pertama di dalam proses demikratisasi, hal ini merupakan suatu yang sangat penting karena melalui pemilihan umum yang bebas dan bersih dapat dibangun suatu pemerintahan yang diinginkan oleh rakyat. Selanjutnya pemerintah yang diinginkan oleh rakyat menciptakan pembangunan dan perdamaian.
Didalam suasana demokrasi boleh dikatakan pertentangan satu dengan lainnya dapat dihindarkan. Atau dngan kata lain demokratisasi menopang tujuan untuk mencipkatakan perdamaian. Dan perdamaian merupakan syarat mutlak bagi pembangunan. Tanpa pembangunan tidak mungkin terdapat demokrasi. Tetapi domokrasi bukan hanya pengertian politik dalam arti bahwa rakyat mempunyai hak untuk memilih, demokrasi lebih dari pada itu karena menyangkut komitmen pada prinsip-prinsip demokrasi dan kelembagaan yang dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk ikut serta dalam menentukan kebijakan negaranya.
Saat ini Indonesia sudah mengarah pada pelaksanaan demokrasi yang diharapkan dengan terpilihnya Preside dari Partai Demokrat. Itu dapat kita rasakan dengan berbagai kebijakan yang dihasilkan meski kebijakan itu menuai protes. Pemberdayaan juga merupakan langkah yan diambil oleh pemerintah untuk menciptakan masyarakat madani, yaitu suatu masyarakat yang percaya atas kemampuan para anggotanya untuk menciptakan kehidupan ang lebih baikSetiap anggota masyarakat dari masyarakat madani adalah masyarakat yang sadar akan hak-haknya dan juga tahu akan kewajibannya. Tetapi masyarakat ini masih berupa harapan, karena masih banyak hal yang belum terpenuhi. Pemerintahan masih belum seperti yang diharapkan, masyarakat banyak yang baru menyadari menuntut hak-haknya tetapi belum mengetahui dan menjalani kewajibannya.
Hak azasi manusia erat kaitannya dengan perwujudan masyarakat madani (civil Society) dan proses demokratisasi. Proses demokratisasi tidak mungkin terwujud apabila hak azasi manusia tidak terwujudkan. Bukankah tujuan suatu masyarakat madani tidak muncul dengan sendirinya tetapi dibina secara bertahap, disinlah letak peranan pemimpin masyarakat dan Negara-negara yang sedang berkembang bagaimana membawa rakyatnya secara bertahap, namun mantap mewujudkan nilai-nilai demokrasi secara tepat dan benar.

0 komentar:

Post a Comment